Untuk Kamu yang saat ini duduk di bangku kelas 10 SMA ini kami post kan
sebagian so'al-so'al ilmu Fisika untuk Kelas 10 SMA yang mungkin
menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dan membantu cara belajar kamu.
Berikut ini kami berikan Beberapa Soal dan Pembahasannya. Goodluck!kumpulan soal dan pembahasan fisika semester 2 kelas X
1.Seorang
yang miopi titik dekatnya 25cm sedangkan titik jauhnya 100 cm.Agar ia dapat
melihat benda yang jauh,ia harus memakai kacamata yang kekuatannya….
Jawab:
S= ~ ; S’= -100 cm
1/f = 1/100
D= 1/-100 X 100 = -1
dioptri
2. Aldo
ketika berumur 55 tahun menderita hipermetropi, tidak dapat membaca koran yang
berada lebih dekat dari 50 cm di depan matanya. Berapa dioptri kekuatan
kacamata christiano ronaldo ?
jawab : S' = -50 cm, S = 25 cm, f ? dan P?
1/25 + 1/-50 = 1/f,
jawab : S' = -50 cm, S = 25 cm, f ? dan P?
1/25 + 1/-50 = 1/f,
f = 50 cm,
P = 100/50
= 2
Dioptri
3.Seorang
penderita Miopi memakai lensa -1,0 D.
Berapa titik jauh orang tersebut?
Jawab:
P= 1/f
F=1/1 = -1m =-100 cm
1/S’ = 1/F
-1/S
= 1/-200 – 1/~ =1/-200
S’ =-200 cm
4.Seorang
penderita presbiopi mempunyai titik dekat 50 cm.Agar dapat membaca pada jarak
baca normal(25 cm).Orang itu harus
memakai kacamata dengan ukuran . . .
Dik: S’ = 50cm Dit: P= . . . ?
S = 25 cm
Jawab: 1/S+1/S’ = 1/f P= 1/f X 100
1/25+1/50 = 1/f = 3/50 X 100
2/50+1/50 = 3/50 = 6
dioptri
5. Titik
dekat seseorang adalah 60 cm. Berapakah jarak
focus kacamata yang harus digunakan agar dia dapat melihat dengan jelas suatu
benda yang berada 20 cm di deoan matanya?
Jawab:
1/20+1/-60 =3/60-1/60
1/f=2/60
F = 60/2
= 30cm
6.Sebuah proyektor
memiliki jarak fokus 10cm membentuk suatu bayangan yang tingginya 60cm dari
sebuah slide yang daerah gambarnya memiliki tinggi 20mm.Berapakah jauh lensa
proyektor dari layar?
Jawab : Dik:
f = 10cm
h’= 60cm
h = 20mm= 2cm
Dit: s’. . .?
M= |h’/h|=|s,/s| 1/10= 60/2s’ + 1/s’
= 60/2=s’/s 1/10=
(60+2)/2s’
S = 2/60 s’ 1/10
– 62/2s’
2s’=
10 X 62
S’ = 310 cm
7.Sebuah
lensa berjarak fokus 4 cm digunakan sebagai lup. Agar mata melihat dengan
akomodasi maksimum maka letak benda dari lup adalah…
Dik: f= 4 cm Dit:
S = . . . ?
S’=-Sn
= -25cm
Jawab: 1/s= 1/f- 1/s’
=1/4 - 1/-25
=21/100
S = 100/21
=4,7 cm
8.Andi
memiliki mikroskop, yang memiliki lensa obyektif dan lensa okuler yang
masing-masing memiliki titik api (fokus) masing-masing 0,90 cm dan 5 cm. Jarak
antara lensa obyektif dan lensa okuler 13 cm. Sebuah preparat yang panjangnya
0,05 cm dan diletakkan 1 cm dari lensa obyektif. Tentukan letak dan besar
bayangannya !.
Jawab:
mikroskop f oby < f ok
f oby = 0,9 cm dan f ok = 5 cm
d = 13 cm
h oby = 0,05cm
S oby = 1 cm
DITANYA :
S' ok…..?
h' ok …..?
lensa obyektif : 1/s + 1/s' = 1/f
1/1 + 1/s' = 1/0,9
maka s' oby = 9 cm
karena
d = s' oby + s ok 13 = 9 cm + s ok
maka s ok = 13 -9 = 4 cm
lensa okuler : 1/s + 1/s' = 1/f
1/4 + 1/s' = 1/5
jd s' ok = - 20 cm
M = [ s'/s] oby x [ s'/s] ok =
[9/1] x [-20/4] = 45 x
maka h' = 0,05 x 45 = 2,25 cm
jd bayangan akhir mikroskop s' = - 20 cm dan h' = 2,25 cm
9.Sebuah
mikroskop mempunyai obyektif yang berjarak titik api 10 mm dan okuler
yang berjarak titik api 25 mm. Berapakah jarak antara kedua lensa itu dan
berapakah perbesarannya apabila bendanya berada
pada jarak 10,5 mm dari obyektif dan mata berakomodasi maksimum ?
Dik: f oby = 10 mm
yang berjarak titik api 25 mm. Berapakah jarak antara kedua lensa itu dan
berapakah perbesarannya apabila bendanya berada
pada jarak 10,5 mm dari obyektif dan mata berakomodasi maksimum ?
Dik: f oby = 10 mm
f ok = 25 mm
S
oby = 10,5 mm
mata berakomodasi maksimum
Ditanya : d ? M ?
Ditanya : d ? M ?
Jawab:
lensa obyektif : 1/10,5 + 1/s' = 1/10,
lensa obyektif : 1/10,5 + 1/s' = 1/10,
maka s' oby = 210
mm.
Lensa okuler : s' ok = -25 cm = -250 mm,
Lensa okuler : s' ok = -25 cm = -250 mm,
1/s +1/-250 =
1/25,
s ok = 250/11 mm
M = [s'/s] oby x [ sn/f + 1]
M = [s'/s] oby x [ sn/f + 1]
= 210/10 x ( 250/25 + 1)
=21 x 11
= 231
kali
d = s' oby + s ok
d = s' oby + s ok
= 210 mm + 250/11
= 232 + 22,73
=254,73
mm
10. Obyektif dan okuler sebuah mikroskop masing-masing
mempunyai jarak titik api 2
cm dan 5cm. Jika sebuah benda diletakkan pada jarak 2,5 cm dari obyektif, berapakah
jarak antara obektif dan okuler untuk mata yang tidak berakomodasi dan
berapakah perbesarannya ?
dik : f oby = 2 cm, s oby = 2,5 cm dan f ok = 5 cm, mata tak berakomodasi.
Dit: M ? d ?
Jawab : d = s' oby + f ok
lensa obyektif : 1/2,5 + 1/s'
cm dan 5cm. Jika sebuah benda diletakkan pada jarak 2,5 cm dari obyektif, berapakah
jarak antara obektif dan okuler untuk mata yang tidak berakomodasi dan
berapakah perbesarannya ?
dik : f oby = 2 cm, s oby = 2,5 cm dan f ok = 5 cm, mata tak berakomodasi.
Dit: M ? d ?
Jawab : d = s' oby + f ok
lensa obyektif : 1/2,5 + 1/s'
=
1/2 maka s' oby = 10 cm
maka d = s' oby + f ok = 10 cm + 5 cm = 15 cm.
M (minimum = mata tak berakomodasi) = [s'/s] oby x [sn/f]
maka d = s' oby + f ok = 10 cm + 5 cm = 15 cm.
M (minimum = mata tak berakomodasi) = [s'/s] oby x [sn/f]
=
[10/2,5][25/5]
= 4 x 5 = 20
kali
14.Panas sebesar 12 kj diberikan
pada pada sepotong logam bermassa 2500 gram yang memiliki suhu 30oC.
Jika kalor jenis logam adalah 0,2 kalori/groC, tentukan suhu akhir
logam!
Pembahasan
Data :
Q = 12 kilojoule = 12000 joule
m = 2500 gram = 2,5 kg
T1 = 30oC
c = 0,2 kal/groC = 0,2 x 4200 joule/kg oC = 840 joule/kg oC
T2 =...?
Q = mcΔT
12000 = (2,5)(840)ΔT
ΔT = 12000/2100 = 5,71 oC
T2 = T1 + ΔT = 30 + 5,71 = 35,71 oC
Pembahasan
Data :
Q = 12 kilojoule = 12000 joule
m = 2500 gram = 2,5 kg
T1 = 30oC
c = 0,2 kal/groC = 0,2 x 4200 joule/kg oC = 840 joule/kg oC
T2 =...?
Q = mcΔT
12000 = (2,5)(840)ΔT
ΔT = 12000/2100 = 5,71 oC
T2 = T1 + ΔT = 30 + 5,71 = 35,71 oC
15.500 gram es bersuhu −12oC
dipanaskan hingga suhu −2oC. Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/goC,
tentukan banyak kalor yang dibutuhkan, nyatakan dalam satuan joule!
Pembahasan
Data :
m = 500 gram
T1 = −12oC
T2 = −2oC
ΔT = T2 − T1 = −2o − (−12 ) = 10oC
c = 0,5 kalori/groC
Q = ....?
Q = mcΔT
Q = (500)(0,5)(10) = 2500 kalori
1 kalori = 4,2 joule
Q = 2500 x 4,2 = 10500 joule
Pembahasan
Data :
m = 500 gram
T1 = −12oC
T2 = −2oC
ΔT = T2 − T1 = −2o − (−12 ) = 10oC
c = 0,5 kalori/groC
Q = ....?
Q = mcΔT
Q = (500)(0,5)(10) = 2500 kalori
1 kalori = 4,2 joule
Q = 2500 x 4,2 = 10500 joule
16.500 gram es bersuhu 0oC
hendak dicairkan hingga keseluruhan es menjadi air yang bersuhu 0oC.
Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/goC, dan kalor lebur es adalah 80
kal/gr, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan, nyatakan dalam kilokalori!
Pembahasan
Data yang diperlukan:
m = 500 gram
L = 80 kalori/gr
Q = ....?
Q = mL
Q = (500)(80) = 40000 kalori = 40 kkal
17.500 gram es bersuhu 0oC hendak dicairkan hingga menjadi air yang bersuhu 5oC. Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/goC, kalor lebur es adalah 80 kal/gr, dan kalor jenis air 1 kal/goC, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan!
Pembahasan
Data yang diperlukan:
m = 500 gram
cair = 1 kalori/groC
Les = 80 kalori/gr
Suhu akhir → 5oC
Q = .....?
Untuk menjadikan es 0oC hingga menjadi air 5oC ada dua proses yang harus dilalui:
→ Proses meleburkan es 0oC menjadi air suhu 0oC, kalor yang diperlukan namakan Q1
Q1 = mLes = (500)(80) = 40000 kalori
→ Proses menaikkan suhu air 0oC hingga menjadi air 5oC, kalor yang diperlukan namakan Q2
Q2 = mcairΔTair = (500)(1)(5) = 2500 kalori
Kalor total yang diperlukan:
Q = Q1 + Q2 = 40000 + 2500 = 42500 kalori
Pembahasan
Data yang diperlukan:
m = 500 gram
L = 80 kalori/gr
Q = ....?
Q = mL
Q = (500)(80) = 40000 kalori = 40 kkal
17.500 gram es bersuhu 0oC hendak dicairkan hingga menjadi air yang bersuhu 5oC. Jika kalor jenis es adalah 0,5 kal/goC, kalor lebur es adalah 80 kal/gr, dan kalor jenis air 1 kal/goC, tentukan banyak kalor yang dibutuhkan!
Pembahasan
Data yang diperlukan:
m = 500 gram
cair = 1 kalori/groC
Les = 80 kalori/gr
Suhu akhir → 5oC
Q = .....?
Untuk menjadikan es 0oC hingga menjadi air 5oC ada dua proses yang harus dilalui:
→ Proses meleburkan es 0oC menjadi air suhu 0oC, kalor yang diperlukan namakan Q1
Q1 = mLes = (500)(80) = 40000 kalori
→ Proses menaikkan suhu air 0oC hingga menjadi air 5oC, kalor yang diperlukan namakan Q2
Q2 = mcairΔTair = (500)(1)(5) = 2500 kalori
Kalor total yang diperlukan:
Q = Q1 + Q2 = 40000 + 2500 = 42500 kalori
18.200 gram air bersuhu 80oC
dicampurkan dengan 300 gram air bersuhu 20oC. Tentukan suhu
campurannya!
Pembahasan
Data yang diperlukan:
m1 = 200 gram
m2 = 300 gram
ΔT1 = 80 − t
ΔT2 = t − 20
Suhu akhir = t = ......?
Qlepas = Qterima
m1c1ΔT1 = m2c2ΔT2
(200)(1)(80 − t) = (300)(1)(t − 20)
(2)(1)(80 − t) = (3)(1)(t − 20)
160 − 2t = 3t − 60
5t = 220
t = 44oC
Pembahasan
Data yang diperlukan:
m1 = 200 gram
m2 = 300 gram
ΔT1 = 80 − t
ΔT2 = t − 20
Suhu akhir = t = ......?
Qlepas = Qterima
m1c1ΔT1 = m2c2ΔT2
(200)(1)(80 − t) = (300)(1)(t − 20)
(2)(1)(80 − t) = (3)(1)(t − 20)
160 − 2t = 3t − 60
5t = 220
t = 44oC
23.Air dengan massa A gram pada suhu
100C dicampur dengan B gram air bersuhu 600C. Jika suhu
akhir campuran 300C, maka perbandingan A dan B . . .
Penyelesaian:
Qserap = Qterima
MA.c.(30-10) = mB.c.(60-30)
MA.20
=mB.30
MA/MB = 30/20
= 3:2
24. Kalor jenis air =4200 j kg-1
k-1.
Kalor jenis zat lain.berapakah kalor
yang harus ditambahkan pada 4,0 x 10-3 kg bola baja untuk menaikkan
suhunya dari 20°c menjadi 70°c?
Pembahasan:
M=4,0 x 10-3 kg
=70°-20°=50°k
Q=m. .c
=4x10-3.50.450
=90j
25. 100 gram benda yang memiliki kalor jenis 3600j/kg k
dipanaskan ,sehingga suhunya naik dari 25°c menjadi 100°c.tentukan
kapasitas kaornya?
Pembahasan:
C=m.c
=0,1 . 3600
=360
26.
Dengan menggunakan thermometer celcius suatu zat terukur 50°C. berapa suhu zat
tersebut bila diukur oleh temperature reamur?
Penyelesaian :
Diketahui :
t = 50°C
Ditanya : 50oC = …. R
Jawab
:
50oC
= 4/5 (50o) = 40oC
27.Thermometer celcius dan fahrenheit
menunjukkan angka yang samapada suhu berapa?
Penyelesaian =
Diketahui :
C = 5
F =9
XoC = (9/5x +32)oF
X = 9/5x +32
x-9/5x = 32
-4/5x = 32
-x = 160/4 = 40o
X = -40o
Jadi skala celcius akan sama dengan
Fahrenheit pada suhu -40o
29. Suhu di suatu
daerah mencapai 100oC. berapakah suhu daerah tersebut jika diukur
dalam Fahrenheit ?
Penyelesaian :
Xo C
= (9/5 x + 32)o F
100 o
C =
(9/5 (100) + 32 )o F
100 o
C = ( 180 + 32 )0 F
100 o
C = 212o F
Suhu 100 o
C sama dengan 212o f
30. Sebanyak 2,25
x 104 J energy kalor diberikan kepada 5 kg kubus perak pada awal 30oC.
berapakah suhu akhir balok tersebut?
Jawab : kalor Q
Massa : 5 kg
Kalor jenis prak C= 230
Q = m.c.
T
T =
= 19,5
T
= suhu akhir – suhu awal
Suhu akhir = T
+ suhu awal
= 19,5 + 30
Jadi, suhu akhir kubus perak adalah 49,5
31. Sebuah tembaga
bermassa 100g dipanaskan hingga suhunya 90o, lalu dicelupkan kedalam
bejana yang berisi 150g air pada suhu 30oC. dengan menggunakan
pertukaran kallor terhadap lingkungan
sekitar dan kalor yang diserap bejana. Hitunglah suhu akhir campuran kalor
jenis 390 J / kg K, kalor jenis air 4200 J /kg K
penyelesaian :
M1.10009 = 0,1 kg m2 = 150 = 0,15 Kg
C1 = 390 J/Kg K c2 = 4200 J/Kg K
T1 = 90o C T2 = 30oC
Jawab :
M1.c1.
T1 = m2.c2. T2
0,1.390.(90-x)
= 0,15.4200.(x-30)
39 (90-x) = 630
(x-30)
3510.(39x) = 630x – 18900
630 + 39x = 3510 + 18900
669 = 41310
= 61,7
= 62
41.
Sebutkan sifat gel. Elektromagnetik !
PEMBAHASAN :
1. Dapat merambat dalam ruang hampa.
2. Merupakan gelombang transversal
(arah getar ^ arah rambat), jadi dapat mengalami polarisasi.
3. Dapat mengalami refleksi, refraksi,
interferensi dan difraksi.
4. Tidak dibelokkan dalam medan listrik
maupun medan magnet.
42.Sebutkan cara membawa gelombang bunyi
!
Pembahasan:
1. Modulasi Amplitudo (AM)
Amplitudo gelombang radio disesuaikan dengan frekuensi gelombang bunyi dengan frekuensi tetap.
Amplitudo gelombang radio disesuaikan dengan frekuensi gelombang bunyi dengan frekuensi tetap.
2. Modulasi Frekuensi (FM)
Frekuensi gelombang radio disesuaikan dengan frekuensi gelombang bunyi dengan amplitudo tetap.
Frekuensi gelombang radio disesuaikan dengan frekuensi gelombang bunyi dengan amplitudo tetap.
43. Sebutkan spektrum gel.
Elektromagnetik !
Pembahasan :
gelombang
Radio gelombang Mikro
gelombang
Infra merah gelombang
Cahaya Tampak
gelombang
Ultra merah gelombang
sinar -X
gelombang
Gamma
44.Jelaskan yang kamu ketahui mengenai
sinar –X !
Pembahasan:
Sinar X,
punya kemampuan menembus daging tapi tidak menembus tulang, maka bisa digunakan
untuk memfoto bagian dalam tubuh (biasa dikenal sebagai RONTGEN)
45.Jelaskan
tentang gel. Elektromagnetik secara umum dan contohnya!
Pembahasan :
Gelombang elektromagnetik adalah gabungan dari
gelombang listrik dan gelombang magnet yang merambat dan menghantarkan energi
dari satu tempat ke tempat lain. Dalam kehidupan sehari-hari, gelombang
elektromagnetik banyak sekali digunakan, khususnya aktivitas yang menggunakan
satelit seperti menelpon ke luar negeri dan menonton siaran TV internasional,
seperti pertandingan bola.
soal dan pembahasan fisika semester 2 kelas X
4/
5
Oleh
Unknown