Jenis Ragam Hias Nusantara dan Pengertiannya

Kliping Zafran | Jenis Ragam Hias Nusantara dan Pengertiannya - Hai Sobat Pena apa kabar semuanya, kami harap kamu semua dalam keadaan baik-baik saja. Seperti biasa Kak Fran akan berbagi wawasan nusantara melaui kumpulan tugas sekolah yang Kak Fran bagikan lewat blog ini. Disini Kak Fran berbagi bermacam jenis Tugas sekolah seperti Makalah, Kliping, Cerpen atau Laporan Prakerin. Yang semua itu bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan semata. Untuk Kali ini Kak Fran akan mengulas tentang Kliping Ragam Hias Nusantara yang kami harap dapat membantu Sobat Pena semua.

Kliping Seni Budaya - Pengertian Ragam Hias Nusantara

Ragam Hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya menjadi pola atau dasar yang diulang beberapa kali dalam pembuatan suatu karya kerajinan tangan dan seni.

Ragam Hias adalah pola utama atau dasar yang mejadi patokan dalam pembuatan karya seni yang dilakukan beberapa kali hingga menghasilkan karya seni yang indah.

Ragam Hias adalah pola dasar yang diulangan-ulang menjadi sebuat karya seni indah dengan tujuan menciptakan karya atau kerajinan tangan yang diinginkan.

Jenis Variasi Ragam Hias Nusantara
Ragam hias terdapat pada bermacam-macam karya seni kerajinan tangan seperti : Batik Tenun, Songket, Seni Ukir, Seni Pahat dan sebagainya. Dan setiap daerah memiliki ragam hias tersendiri hal inilah yang menjadikan ragam hias menjadi unik dan menarik.Semakin majunya budaya dan zaman akan menimbulkan jenis-jenis ragam hias baru dan modern.

Kliping Seni Budaya - Jenis - Jenis Ragam Hias Nusantara

Di Indonesia banyak sekali jenis ragam hias yang dapat kita temukan. Mulai dari Kain Batik, Kain Tenua, Anyaman, Tembikar dan Seni Ukir kayu yang sangat indah dan menarik. Dan bahkan disetiap daerah ragam hias yang mereka tuangkan kedalam karya seni tersebut memiliki makna dan arti tersendiri.

Ragam hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentuk-bentuk flora, fauna, figuratif, dan bentuk geometris. Ragam hias tersebut dapat diterapkan pada media dua dan tiga dimensi.

1. Ragam Hias Flora
Flora sebagai sumber objek motif ragam hias dapat dijumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukiran, dan tenunan.




2. Ragam Hias Fauna
Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan.

Ragam Hias Fauna


Ragam Hias Fauna

Ragam hias motif fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Ragam hias fauna dapat dikombinasikan dengan motif flora dengan bentuk yang digayakan.

Motif ragam hias daerah di Indonesia banyak menggunakan hewan sebagai objek ragam hias. Daerah-daerah tersebut seperti Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Motif ragam hias tersebut dapat dijumpai pada hasil karya batik, ukiran, anyaman, dan tenun.

3. Ragam Hias Geometris
Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di seluruh Indonesia, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.




Ragam hias geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk-bentuk geometris ke dalam satu motif ragam hias.

4. Ragam Hias Figuratif
Bentuk ragam hias figuratif berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar. Ragam hias figuratif banyak dijumpai di daerah timur seperti papua.



Bentuk ragam hias umumnya memiliki pola atau susunan yang diulang-ulang. Ragam hias ini dapat berbentuk pola simetris dan asimetris. 

Pola simetris yaitu apabila pola ragam hias memiliki bentuk motif yang sama dan diletakkan seimbang antara sisi kiri dan kanannya. 

Kain Songket Palembang - Merupakan Pola Ragam Hias Simetris


Sedangkan pada pola asimetris motif ragam hias tidak diletakkan di tengah atau motif tidak diletakkan sama antara sebelah kanan dan kiri tetapi masih memiliki keindahan pada komposisinya. 

Seni Ukir Jepara yang memiliki pola ragam hias asimetris


Pola ragam hias geometris dapat dilihat pada bentuknya seperti segitiga, segiempat, garis silang, lingkaran dan zigzag.

Pola ragam hias adalah hasil susunan dari suatu aturan tertentu dalam bentuk dan komposisi tertentu. Penempatan pola ragam hias tergantung dari tujuan. Beberapa bentuk pola ragam hias tersebut dapat berupa pola ragam hias tepi, memojok, memusat, bidang beraturan, komposisi, dan pengulangan.

Related Posts

Jenis Ragam Hias Nusantara dan Pengertiannya
4/ 5
Oleh