Berikut kami poskan CONTOH LAPORAN HASIL PRAKERIN atau PKL yang mungkin bisa membantu dan memberikan
wawasan serta menambah ilmu bagi pembaca dan bagi pengunjung blog ini,
sebagai pemula tentulah kami masih terdapat kesalahan disana-sini untuk
itu kami mohon maaf dan bilamana hal ini membantu anda agar kiranya sudi
memberikan saran dan kritik demi majunya halaman blog ini. Berikut kami
lampirkan contoh laporan Hasil Prakerin atau PKL untuk SMK Jurusan ADMINISTRASI PERKANTORAN,
semoga Contoh Laporan ini Bermanfaat bagi anda. Terimakasih
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSRI (PRAKERIN)
DI PECETAKA RIA (REFFLESS INDAH ADVERTISING)
TANGGAL 12 JANUARI 2015 SAMPAI 29 APRIL 2015
Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat
untuk mengikuti Ujian Kompetensi (UK) Ujian Akhir Nasional (UAN) dan
Ujian Akhir Sekolah (UAS)
Disusun oleh
NAMA : FADLI SYANDI
NISN : 0170
KELAS : XI
JURUSAN : RPL (REKAYASA PRANGKAT LUNAK)
SMK NEGERI RAWAS ULU
PROGRAM KEAHLIAN : REKAYASA PRANGKAT LUNAK
Jl. Lintas Sumatera Desa Sungai Jauh Kec. Rawas Ulu Kab. Musi Rawas Utara.
Kode Pos 31656 Hp.081366145604 Gmail.smknrawaulu@gmail.com
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada ALLAH SWT atas Rahamat dan Hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang dilakukan Di PERCETAKAN REFFLESS INDAH ADVERTISING (RIA) selama kurang lebih tiga bulan sejak tanggal 12 Januari 2015 sampai 29 April 2015. Kegiatan Prakerin ini dan penyusunan laporan prakerin ini dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak terkait. Untuk itu, pada kesempatan saya mengucapkan terima kasih kepada:
1. Tuhan Yang Maha Esa
2. BAPAK EDI SUTRIONO M.pd selaku kepala sekolah SMK SMK N RAWAS ULU
3. Bapak ZEFLAN WAHYUDI , selaku pimpinan cabang perusahaan yang telah mengijinkan saya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri.
4. BANG ISMUL DAN BANG DECO, selaku pembimbing dan penempanan kerja siswa Prakerin.
5. PAK BUKHORI S.pd selaku pembimbing sekolah, yang telah membimbing selama Praktek Kerja Industri.
6. Kedua Orang Tua selaku penasihat.
Saya menyadari, bahwa laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saya mengharap adanya saran, masukan, maupun kritik yang membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini. Semoga laporan yang sederhana ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
viii
DAFTAR ISI
Halaman Judul…………………………………………………………………………………………..i
Halaman Penyusun……………………………………………………………………………………ii
Halaman Persembahan dan Motto……………………………………………………………iii
Halaman Pengesahan Pimpinan Perusahaan…………………………………………….iv
Halaman Pengesahan Pembimbing…………………………………………………………….v
Halaman Pengesahan Pembimbing, KBK dan Kepala Sekolah………………….vi
Abstrak……………………………………………………………………………………………………vii
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………viii
Daftar Isi………………………………………………………………………………………………….ix
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang Praktek Kerja Industri……………………………………….1
1.2. Tujuan Praktek Kerja Industri………………………………………………….
1.2.1 Tujuan Umun Praktek Kerja Industri…………………….4
1.2.2 Tujuan Khusus Praktek Kerja Industri…………………..4
1.3. Rumusan Masalah………………………………………………….5
1.4. Manfaat Praktek Kerja Industri…………………………………….5
1.5. Fungsi Praktek Kerja Industri…………………………………………6
1.6. Kewajiban Siswa Di Tempat Praktek Kerja Industri…………………6
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Tentang Percetakan………………………………………..7
2.2. Perbedaan Antara Percetakan Digital dan Percetakan Offset………8
2.3. Mengenali Mesin Percetakan Offset………………………………………11
2.4. Proses Percetakan Offset……………………………………………………..16
2.5. Ciri-ciri Mesin Offset………………………………………………………….19
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
3.1. Sejarah Singkat Perusahaan………………………………………………….22
3.2. Struktur Organisasi……………………………………………………………..23
3.3. Kepegawaian……………………………………………………………………….24
3.4. Identitas Perusahaan…………………………………………………………….25
3.5. Keselamatan Kerja……………………………………………………………….25
3.6. Kedisiplinan……………………………………………………………………….26
3.7. Bidang Usaha…………………………………………………………………….26
3.8. Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Perusahaan…………………….26
BAB IV PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Industri
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.
Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri. Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. melalui
prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Maksud dan tujuan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) ini, merupakan salah satu program yang di tentukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan di tingkat Menengah Kejuruan.
Adapun maksud dan tujuan praktek kerja lapangan ini antara lain :1. Memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang di miliki oleh siswa dalam dunia kerja.2. Mengembangkan dan memantapkan sikap professional yang di perlukan untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang masing – masing.3. Sebagai sarana komunikasi antara siswa (i) SMK dengan instansi atau kantor tempat pelaksanaan kerja praktek4. Memberikan kesempatan kepada siwa (i) SMK untuk beradaptasi dengan suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenan dengan di siplin kerja.5. Memberikan masukan dan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan.
Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, bahwa praktek kerja industri yang di laksanakan pada instansi – instansi pemerintah atau swasta yang mempunyai tujuan tertentu, yaitu meningkat dan memperluas pengetahuan bagi siswa terhadap jenis-jenis lingkungan kerja.
1.3 LANDASAN HUKUM PELAKSANAAN PRAKTEK KERA INDUSTRI
- Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal (15) yang menyebutkan bahwa, pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
- Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tentang penyelenggaraan Prakerin SMK, PP No.29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK (UNNES.2006:126)
- Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional
- PP No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
- PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
- Kepmendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurikulum SMK Kurikulum SMK Tahun 1999
- Kurikulum SMK edisi Tahun 2004
- Kurikulum SMK Negeri 1 Amuntai (KTSP)
1.4 TEMPAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Adapun praktek kerja industri ini di laksanakan di percetakan Raffless Indah Advertising (RIA) cabang sarolagun yang beralamat jl. lintas sumatera km. 0 pasar atas sarolagun jambi.
HARI
JAM MASUK
JAM PULANG
Senin
08 : 00
17 : 00
Selasa
08 : 00
17 : 00
Rabu
08 : 00
17 : 00
Kamis
08 : 00
17 : 00
Jum’at
08 : 00
17 : 00
Sabtu
08 : 00
17 : 00
Minggu
Libur
Libur
BAB II
TINJAUAN UMUM INDUSTRI
2.1 SEJARAH PERUSAHAAN
CV. Rafless Indah Advertising (RIA) Berdiri Pada 13 Maret 2008 sesuai dengan surat izin usaha perdagangan dan surat izin tempat usaha yang dikeluarkan oleh dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten muara bungo dimana awalnya hanya sebuah warnet dan tempat percetakan nota, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya kebutuhan akan percetakan lainnya maka CV. Rafless Indah Advertising mulai melancarkan ekspansi ke bidang percetakan lainnya yang dilakukan pada tahun 2010 yaitu percetakan spanduk, roll banner, x banner atau yang biasa kita kenal dengan digital printing dan juga dalam pembuatan kwitansi, undangan, nota, kop surat, surat jalan, kartu nama, cover yasin, sablon, stempel dll. Selain itu untuk menjangkau konsumen dari daerah lainnya seperti bangko, tebo. sarolangun. maka CV. Rafless Indah Advertising juga Membuka cabang antara lain di bangko yang dibuka pada tahun 2012, cabang Rimbo bujang pada tahun 2013.
Cabang Sarolangun sendiri berdiri pada 18 september 2014 cabang sarolangun dikarenakan banyaknya permintaan dari pelanggan yang berasal dari sarolangun baik itu dari percetakan lainnya yang berada disarolangun yang sebelumnya dilakukan di cabang bangko ataupun pelanggan umum dan juga dikarenakan adanya pertimbangan mengenai sedikitnya percetakan yang bergerak pada bidang digital printing pada khususnya dan percetakan lainnya pada umumnya .
2.2 STRUKTUR ORGANISASI
2.3 BIDANG PERUSAHAAN
Percetakan CV. Rafless Indah Advertising (RIA) Cabang Sarolagun bergerak di bidang digital printing dan percetakan pada bidang lainnya selain digital, Secara umum pengertian dari Digital Printing itu sendiri adalah proses pencetakan sebuah gambar kedalam sebuah media cetak yang bisa dinikmati atau dilihat oleh masyarakat luas. jika kita berjalan - jalan di kota besar seperti PALEMBANG maka seluruh sudut kota dihiasi dengan aneka macam reklame baik itu yang digital maupun yang non digital. Selain media televisi, Digital Printing merupakan sarana yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan - pesan sponsor dari sebuah Usaha, Organisasi, Industri/Perusahaan bahkan akhir - akhir ini saya sering melihat Dinas Pemerintahan ikut andil dalam penggunaan sarana Digital Printing untuk mengkampanyekan pesan - pesan mereka.
2.4 SISTEM PEREKRUTAN KARYAWAN BARU
Sistem perekrutan karyawan pada CV. Rafless Indah Advertising (RIA) Cabang Sarolangun dan lainnya adalah dengan tes dan training. adapun pada sesi tes calon karyawan baru yang telah mengenal dan bisa menggunakan program photoshop dan corel draw akan diberikan tugas membuat design spanduk, baliho, x banner, roll baner, cover yasin dll. kemudian calon karyawan akan diberikan training mengenai penggunaan alat-alat percetakan seperti mesin digital dll serta teknik percetakan digital dan teknik percetakan lainnya yang berhubungan dengan usaha yang digeluti CV. Rafless Indah Advertising .
BAB III
RUANG LINGKUP PRAKERIN
3.1 URAIAN KERJA PRAKTEK KERJA INDUSTRI
NO TANGGAL KEGIATAN
1 12 Januari 2015 Perkenalan
2 13 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
3 14 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
4 15 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
5 16 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
6 17 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
7 18 Januari 2015 Libur
8 19 Januari 2015 Belajar Design spanduk
9 20 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
10 21 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
11 22 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
12 23 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
13 24 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
14 25 januari 2015 Libur
15 26 Januari 2015 Mencetak Spanduk
16 27 Januari 2015 Mencetak Spanduk
17 28 Januari 2015 Mencetak spanduk
18 29 Januari 2015 Mencetak Spanduk
19 30 Januari 2015 Mencetak Spanduk
20 31 januari 2015 Mencetak Spanduk
21 1 Februari 2015 Libur
22 2 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
23 3 Febriari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
24 4 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
25 5 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
26 6 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
27 7 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
28 8 Februari 2015 Libur
29 9 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
30 10 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
31 11 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
32 12 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
33 13 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
34 14 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
35 15 Februari 2015 Libur
36 16 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
37 17 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
38 18 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
39 19 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
40 20 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
41 21 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
42 22 Februari 2015 Libur
43 23 Februari 2015 Mendesign Spanduk
44 24 Februari 2015 Mendesign Spanduk
45 25 Februari 2015 Mendesign Spanduk
46 26 Februari 2015 Mendesign Spanduk
47 27 Februari 2015 Mendesign Spanduk
48 28 Februari 2015 Mendesign Spanduk
49 1 Maret 2015 Libur
50 2 Maret 2015 Mencetak Spanduk
51 3 Maret 2015 Mencetak Spanduk
52 4 Maret 2015 Mencetak Spanduk
53 5 Maret 2015 Mencetak Spanduk
54 6 Maret 2015 Mencetak Spanduk
55 7 Maret 2015 Mencetak Spanduk
56 8 Maret 2015 Libur
57 9 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
58 10 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
59 11 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
60 12 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
61 13 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
62 14 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
63 15 Maret 2015 Libur
64 16 Maret 2015 Memasang Cover yasin
65 17 Maret 2015 Memasang Cover yasin
66 18 Maret 2015 Memasang Cover yasin
67 19 Maret 2015 Memasang Cover yasin
68 20 Maret 2015 Memasang Cover yasin
69 21 Maret 2015 Memasang Cover yasin
70 22 Maret 2015 Libur
71 23 Maret 2015 Melayani Pelanggan
3.2 CAKUPAN MATERI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A. Belajar Design Spanduk
Sebenarnya cara membuat spanduk tak begitu sulit di Photoshop. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran kok. Langsung saja.....
1. Siapkan software Photoshop kamu versi apa saja....disini aku pake Adobe Photoshop
CS3
2. Buka Software...seperti biasa double klik ja iconnya....
3. Selanjutnya akan terlihat halaman kosong seperti dibawah ini
4. Buat file baru untuk spanduk kamu, dari menu ...File - New
5. Buat ukuran spanduk kamu, misalnya : 1 x 2 meter, contoh seperti di bawah in...Ok..
6. Beri Baground atau dasar warna spanduk kamu..File - Place - Enter
7. Klik kanan pada layer Baground, pilih di Rasterize Layer biar bisa di edit
8. Buat Tex yang akan kamu masukkan...dari tool (T), contoh "BAKSO ANAK MEDAN
MANTAP" beri style teks kamu melalui bagian bawah layer yaitu yang icon "fx"...pilih
Blending Option
9. Ikuti ja style nya dengan memberi tanda centang atau klik pada stylenya dan masukkan
nilainya pada bagian sebelah kanan seperti gambar dibawah ini
10. Masukkan gambar Baksonya dari File - Place, jgn lupa di Rasterize Layer
11. Tambahkan shape atau bentuk untuk mempercantik sedikit ...di Rasterize Layer juga ya.
12. Tambahkan Teks diatas shape tersebut
13. Simpan kerjaan kamu (Ctrl + S) kasih nama mis SPANDUK BAKSO
untuk contoh file di atas download disini atau File - Save As (Shift+Ctrl+S) untuk format
JPEG atau TIFF
14. Biasanya percetakan menerima file jadinya dalam bentuk JPEG atau (JPG), TIFF
15. Kalo menyimpan dalam format JPG, Quality pilih 12 maximum lalu Ok.
16. Untuk TIFF juga bisa tapi kapasitasnya akan sangat besar jadi cocok untuk Brosur.
17. Untuk jaga-jaga coba bawa dua format penyimpanan yaitu file asli (psd) dan JPEG,
atau TIFF
18. Bawa ke tempat Digital Printing atau Percetakan
19. Selesai..
B. Belajar Mencetak Spanduk
1. Buanglah solven yanglama
2. Bersihkan print head dengan tisu
3. Buka keran tinta
4. Hidupkan komputer
5. Buka semua program
6. Hidupkan mesin digital printing
7. Copy data spanduk yang mau di cetak
8. Mesin digital printing siap bekerja
9. Periksa spanduk yang lagi dicetak
10. cleaning
11.pinising
3.3 PENERAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF DEGAN PRAKERIN
- Pembelajaran Produktif
Mata pelajaran produktif adalah pembelajaran kejuruan yang merupakan kemampuan khusus yang diberikan kepada siswa sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya. Pembelajaran produktif diberikan di bengkel/instalasi masing-masing jurusan. Untuk mengefektifkan proses pembelajatan produktif, dilakukan secara sistem ganda (PSG: Pendidikan Sistem Ganda).
Pembelajaran sistem ganda adalah proses belajar yang dilakukan antara pihak sekolah dengan dunia usaha atau industri. Dengan menggunakan pembelajaran sistem ganda diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada di lingkungan dunia usaha/industri dan menerapkanya pada proses belajar mengajar di sekolah.
Penerapan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilakukan dengan menggunakan sistem 1 – 2 – 3. Artinya, 1 jam untuk pembelajaran teori, 2 jam pelajaran praktik dan 3 jam praktik industri. Dengan demikian aktivitas praktik akan lebih dominan daripada pembelajaran teori. Tujuanya tentu saja diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keterampilan dan kompetensi siswa pada keahlian tertentu agar dapat digunakan untuk bersaing di dunia usaha dan industri.
- Prakerin (Praktek Kerja Industri)
Prakerin adalah kegiatan magang di industri dalam waktu tertentu untuk memperoleh dan menerapkan konsep pembelajaran yang diterima di sekolah dan membandingkanya dengan yang ada di dunia usaha/industri. Kegiatan prakerin dilakukan selama kurang lebih 3 bulan pada institusi pasangan yang ditentukan oleh sekolah. Selama kegiatan prakerin siswa akan terus dimonitor oleh guru pembimbing dan pada akhir kegiatan prakerin siswa diharuskan membuat laporan kegiatan prakerin.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Saya mengambil beberapa kesimpulan yang diantaranya :
1. Dalam hal ini computer sangatlah penting dikarenakan system compute-risasi saat ini sangat membantu dalam proses produksi.
2. Disini kami dapat mengetahui macam-macam jenis pekerjaan yang belum diketahui sebelumnya.
3. Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan saya dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang didapat secara langsung.
4. Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah suatu gambaran dalam menjalani dunia kerja.
5. Praktek kerja Industri ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi saya dalam pendidikan di dunia kerja.
6. Mendapatkan pengetahuanlebih luas tentang dunia kerja yang sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
7. Mendapatkasn pengalaman baru dalam dunia kerja sehingga saya dapat mengantisipasi kendala yang akan dihadapi dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
4.2 SARAN-SARAN
A. SARAN UNTUK PRUSAHAAN
1. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa saran yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan misalkan, seperti hubungan antar crew yang bertugas untuk lebih di pererat agar hasil produksi yang akan dihasilkan dapat lebih mempunyai nilai lebih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
2.Saya berharap cv. Raffless Indah Advertising bisa menambah cabang di Muratara.
B. SARAN UNTUK SMK N RAWAS ULU
1. Dari pihak sekolah hendak nya dapat bekerja sama dengan perusahaan supaya dapat mempermudah penerimaan siswa siswi yang ingin melaksanakan magang.
2. Saya berharap pihak sekolah dapat menyediakan buku panduan, baju praktek, dll disediakan sebelum berangkat magang
3. Buka jurusam multimedia
C. SARAN UNTUK SISWA SISWI SMK N RAWAS ULU
1. jangan main-main waktu belajar
2. Jangan lah sekali-kali melawan guru
D. SARAN UNTUK PANITIA PRAKERIN
1. Hendaknya guru pembimbing lebih sering memantau siswa siswi yang sedang melaksanakan prakerin.
Demikian kesimpulan dan saran-saran dari saya, dengan harapan CV. Raffless Indah Advertising dan SMK N RAWAS ULU semakin berkembang untuk di masa yang akan datang.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Foto KERJA
LAPORAN
PRAKTEK KERJA INDUSRI (PRAKERIN)
DI PECETAKA RIA (REFFLESS INDAH ADVERTISING)
TANGGAL 12 JANUARI 2015 SAMPAI 29 APRIL 2015
Laporan ini diajukan sebagai salah satu syarat
untuk mengikuti Ujian Kompetensi (UK) Ujian Akhir Nasional (UAN) dan
Ujian Akhir Sekolah (UAS)
Disusun oleh
NAMA : FADLI SYANDI
NISN : 0170
KELAS : XI
JURUSAN : RPL (REKAYASA PRANGKAT LUNAK)
SMK NEGERI RAWAS ULU
PROGRAM KEAHLIAN : REKAYASA PRANGKAT LUNAK
Jl. Lintas Sumatera Desa Sungai Jauh Kec. Rawas Ulu Kab. Musi Rawas Utara.
Kode Pos 31656 Hp.081366145604 Gmail.smknrawaulu@gmail.com
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada ALLAH SWT atas Rahamat dan Hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) yang dilakukan Di PERCETAKAN REFFLESS INDAH ADVERTISING (RIA) selama kurang lebih tiga bulan sejak tanggal 12 Januari 2015 sampai 29 April 2015. Kegiatan Prakerin ini dan penyusunan laporan prakerin ini dapat terlaksana dengan baik berkat bantuan dari pihak-pihak terkait. Untuk itu, pada kesempatan saya mengucapkan terima kasih kepada:
1. Tuhan Yang Maha Esa
2. BAPAK EDI SUTRIONO M.pd selaku kepala sekolah SMK SMK N RAWAS ULU
3. Bapak ZEFLAN WAHYUDI , selaku pimpinan cabang perusahaan yang telah mengijinkan saya untuk melaksanakan Praktek Kerja Industri.
4. BANG ISMUL DAN BANG DECO, selaku pembimbing dan penempanan kerja siswa Prakerin.
5. PAK BUKHORI S.pd selaku pembimbing sekolah, yang telah membimbing selama Praktek Kerja Industri.
6. Kedua Orang Tua selaku penasihat.
Saya menyadari, bahwa laporan Praktek Kerja Industri (Prakerin) ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, saya mengharap adanya saran, masukan, maupun kritik yang membangun guna melengkapi kekurangan laporan ini. Semoga laporan yang sederhana ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
viii
DAFTAR ISI
Halaman Judul…………………………………………………………………………………………..i
Halaman Penyusun……………………………………………………………………………………ii
Halaman Persembahan dan Motto……………………………………………………………iii
Halaman Pengesahan Pimpinan Perusahaan…………………………………………….iv
Halaman Pengesahan Pembimbing…………………………………………………………….v
Halaman Pengesahan Pembimbing, KBK dan Kepala Sekolah………………….vi
Abstrak……………………………………………………………………………………………………vii
Kata Pengantar………………………………………………………………………………………viii
Daftar Isi………………………………………………………………………………………………….ix
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang Praktek Kerja Industri……………………………………….1
1.2. Tujuan Praktek Kerja Industri………………………………………………….
1.2.1 Tujuan Umun Praktek Kerja Industri…………………….4
1.2.2 Tujuan Khusus Praktek Kerja Industri…………………..4
1.3. Rumusan Masalah………………………………………………….5
1.4. Manfaat Praktek Kerja Industri…………………………………….5
1.5. Fungsi Praktek Kerja Industri…………………………………………6
1.6. Kewajiban Siswa Di Tempat Praktek Kerja Industri…………………6
BAB II PEMBAHASAN
2.1. Sejarah Tentang Percetakan………………………………………..7
2.2. Perbedaan Antara Percetakan Digital dan Percetakan Offset………8
2.3. Mengenali Mesin Percetakan Offset………………………………………11
2.4. Proses Percetakan Offset……………………………………………………..16
2.5. Ciri-ciri Mesin Offset………………………………………………………….19
BAB II PROFIL PERUSAHAAN
3.1. Sejarah Singkat Perusahaan………………………………………………….22
3.2. Struktur Organisasi……………………………………………………………..23
3.3. Kepegawaian……………………………………………………………………….24
3.4. Identitas Perusahaan…………………………………………………………….25
3.5. Keselamatan Kerja……………………………………………………………….25
3.6. Kedisiplinan……………………………………………………………………….26
3.7. Bidang Usaha…………………………………………………………………….26
3.8. Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Perusahaan…………………….26
BAB IV PELAKSANAAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Praktek Kerja Industri
PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha Atau Dunia Industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa – siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya dan juga menambah bekal untuk masa – masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semangkin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti di masa sekarang ini.
Dalam pelaksanaannya dilakukan dengan prosedur tertentu, bagi siswa yang bertujuan untuk magang disuatu tempat kerja, baik dunia usaha maupun didunia industri setidaknya sudah memiliki kemampuan dasar sesuai bidang yang digelutinya atau sudah mendapatkan bekal dari pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yang akan diterapkan dalam dunia usaha atau dunia Industri. Alasan utama mengapa para siswa-siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri tidak mengalami kendala dalam penerapan Ilmu Pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.
Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini diharapkan setiap siswa – siswi mampu mengikuti kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakukan di dunia Usaha ataupun di dunia Industri agar siswa – siswi tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang baik dan berguna bagi dirinya serta agar siswa – siswi tersebut mampu menunjukan kinerjanya secara maksimal apa yang telah dilakukannya selama berada di dunia Usaha atau dunia Industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan di dunia usaha atau dunia industri. Prakerin memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. melalui
prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.
1.2 MAKSUD DAN TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Maksud dan tujuan Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) ini, merupakan salah satu program yang di tentukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan di tingkat Menengah Kejuruan.
Adapun maksud dan tujuan praktek kerja lapangan ini antara lain :1. Memantapkan, meningkatkan dan memperluas keterampilan yang di miliki oleh siswa dalam dunia kerja.2. Mengembangkan dan memantapkan sikap professional yang di perlukan untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan bidang masing – masing.3. Sebagai sarana komunikasi antara siswa (i) SMK dengan instansi atau kantor tempat pelaksanaan kerja praktek4. Memberikan kesempatan kepada siwa (i) SMK untuk beradaptasi dengan suasana atau iklim lingkungan kerja yang sebenarnya baik sebagai pekerja mandiri terutama yang berkenan dengan di siplin kerja.5. Memberikan masukan dan umpan balik guna perbaikan dan pengembangan pendidikan.
Sebagaimana yang telah di jelaskan di atas, bahwa praktek kerja industri yang di laksanakan pada instansi – instansi pemerintah atau swasta yang mempunyai tujuan tertentu, yaitu meningkat dan memperluas pengetahuan bagi siswa terhadap jenis-jenis lingkungan kerja.
1.3 LANDASAN HUKUM PELAKSANAAN PRAKTEK KERA INDUSTRI
- Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal (15) yang menyebutkan bahwa, pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
- Dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri (Prakerin) didasarkan pada ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 323/U/1997 tentang penyelenggaraan Prakerin SMK, PP No.29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, Kepmen Pendidikan dan Kebudayaan No. 080/U/1993 tentang Kurikulum SMK (UNNES.2006:126)
- Undang-Undang No. 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional
- PP No. 29 Tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah.
- PP No. 39 Tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional.
- Kepmendikbud No. 080/U/1993, tentang Kurikulum SMK Kurikulum SMK Tahun 1999
- Kurikulum SMK edisi Tahun 2004
- Kurikulum SMK Negeri 1 Amuntai (KTSP)
1.4 TEMPAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Adapun praktek kerja industri ini di laksanakan di percetakan Raffless Indah Advertising (RIA) cabang sarolagun yang beralamat jl. lintas sumatera km. 0 pasar atas sarolagun jambi.
HARI
JAM MASUK
JAM PULANG
Senin
08 : 00
17 : 00
Selasa
08 : 00
17 : 00
Rabu
08 : 00
17 : 00
Kamis
08 : 00
17 : 00
Jum’at
08 : 00
17 : 00
Sabtu
08 : 00
17 : 00
Minggu
Libur
Libur
BAB II
TINJAUAN UMUM INDUSTRI
2.1 SEJARAH PERUSAHAAN
CV. Rafless Indah Advertising (RIA) Berdiri Pada 13 Maret 2008 sesuai dengan surat izin usaha perdagangan dan surat izin tempat usaha yang dikeluarkan oleh dinas perindustrian dan perdagangan kabupaten muara bungo dimana awalnya hanya sebuah warnet dan tempat percetakan nota, seiring berjalannya waktu dan semakin banyaknya kebutuhan akan percetakan lainnya maka CV. Rafless Indah Advertising mulai melancarkan ekspansi ke bidang percetakan lainnya yang dilakukan pada tahun 2010 yaitu percetakan spanduk, roll banner, x banner atau yang biasa kita kenal dengan digital printing dan juga dalam pembuatan kwitansi, undangan, nota, kop surat, surat jalan, kartu nama, cover yasin, sablon, stempel dll. Selain itu untuk menjangkau konsumen dari daerah lainnya seperti bangko, tebo. sarolangun. maka CV. Rafless Indah Advertising juga Membuka cabang antara lain di bangko yang dibuka pada tahun 2012, cabang Rimbo bujang pada tahun 2013.
Cabang Sarolangun sendiri berdiri pada 18 september 2014 cabang sarolangun dikarenakan banyaknya permintaan dari pelanggan yang berasal dari sarolangun baik itu dari percetakan lainnya yang berada disarolangun yang sebelumnya dilakukan di cabang bangko ataupun pelanggan umum dan juga dikarenakan adanya pertimbangan mengenai sedikitnya percetakan yang bergerak pada bidang digital printing pada khususnya dan percetakan lainnya pada umumnya .
2.2 STRUKTUR ORGANISASI
2.3 BIDANG PERUSAHAAN
Percetakan CV. Rafless Indah Advertising (RIA) Cabang Sarolagun bergerak di bidang digital printing dan percetakan pada bidang lainnya selain digital, Secara umum pengertian dari Digital Printing itu sendiri adalah proses pencetakan sebuah gambar kedalam sebuah media cetak yang bisa dinikmati atau dilihat oleh masyarakat luas. jika kita berjalan - jalan di kota besar seperti PALEMBANG maka seluruh sudut kota dihiasi dengan aneka macam reklame baik itu yang digital maupun yang non digital. Selain media televisi, Digital Printing merupakan sarana yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan - pesan sponsor dari sebuah Usaha, Organisasi, Industri/Perusahaan bahkan akhir - akhir ini saya sering melihat Dinas Pemerintahan ikut andil dalam penggunaan sarana Digital Printing untuk mengkampanyekan pesan - pesan mereka.
2.4 SISTEM PEREKRUTAN KARYAWAN BARU
Sistem perekrutan karyawan pada CV. Rafless Indah Advertising (RIA) Cabang Sarolangun dan lainnya adalah dengan tes dan training. adapun pada sesi tes calon karyawan baru yang telah mengenal dan bisa menggunakan program photoshop dan corel draw akan diberikan tugas membuat design spanduk, baliho, x banner, roll baner, cover yasin dll. kemudian calon karyawan akan diberikan training mengenai penggunaan alat-alat percetakan seperti mesin digital dll serta teknik percetakan digital dan teknik percetakan lainnya yang berhubungan dengan usaha yang digeluti CV. Rafless Indah Advertising .
BAB III
RUANG LINGKUP PRAKERIN
3.1 URAIAN KERJA PRAKTEK KERJA INDUSTRI
NO TANGGAL KEGIATAN
1 12 Januari 2015 Perkenalan
2 13 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
3 14 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
4 15 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
5 16 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
6 17 Januari 2015 Belajar Mencetak Spanduk
7 18 Januari 2015 Libur
8 19 Januari 2015 Belajar Design spanduk
9 20 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
10 21 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
11 22 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
12 23 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
13 24 Januari 2015 Belajar Design Spanduk
14 25 januari 2015 Libur
15 26 Januari 2015 Mencetak Spanduk
16 27 Januari 2015 Mencetak Spanduk
17 28 Januari 2015 Mencetak spanduk
18 29 Januari 2015 Mencetak Spanduk
19 30 Januari 2015 Mencetak Spanduk
20 31 januari 2015 Mencetak Spanduk
21 1 Februari 2015 Libur
22 2 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
23 3 Febriari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
24 4 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
25 5 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
26 6 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
27 7 Februari 2015 Mulai Bisa Mendesign Dan Mencetak Spanduk
28 8 Februari 2015 Libur
29 9 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
30 10 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
31 11 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
32 12 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
33 13 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
34 14 Februari 2015 Memasang Cover Yasin
35 15 Februari 2015 Libur
36 16 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
37 17 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
38 18 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
39 19 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
40 20 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
41 21 Februari 2015 Belajar Ngedit foto Dan Melayani Pelanggan
42 22 Februari 2015 Libur
43 23 Februari 2015 Mendesign Spanduk
44 24 Februari 2015 Mendesign Spanduk
45 25 Februari 2015 Mendesign Spanduk
46 26 Februari 2015 Mendesign Spanduk
47 27 Februari 2015 Mendesign Spanduk
48 28 Februari 2015 Mendesign Spanduk
49 1 Maret 2015 Libur
50 2 Maret 2015 Mencetak Spanduk
51 3 Maret 2015 Mencetak Spanduk
52 4 Maret 2015 Mencetak Spanduk
53 5 Maret 2015 Mencetak Spanduk
54 6 Maret 2015 Mencetak Spanduk
55 7 Maret 2015 Mencetak Spanduk
56 8 Maret 2015 Libur
57 9 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
58 10 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
59 11 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
60 12 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
61 13 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
62 14 Maret 2015 Belajar Cara Menggunakan Mesin Potong Kertas
63 15 Maret 2015 Libur
64 16 Maret 2015 Memasang Cover yasin
65 17 Maret 2015 Memasang Cover yasin
66 18 Maret 2015 Memasang Cover yasin
67 19 Maret 2015 Memasang Cover yasin
68 20 Maret 2015 Memasang Cover yasin
69 21 Maret 2015 Memasang Cover yasin
70 22 Maret 2015 Libur
71 23 Maret 2015 Melayani Pelanggan
3.2 CAKUPAN MATERI PRAKTEK KERJA INDUSTRI
A. Belajar Design Spanduk
Sebenarnya cara membuat spanduk tak begitu sulit di Photoshop. Hanya dibutuhkan sedikit kesabaran kok. Langsung saja.....
1. Siapkan software Photoshop kamu versi apa saja....disini aku pake Adobe Photoshop
CS3
2. Buka Software...seperti biasa double klik ja iconnya....
3. Selanjutnya akan terlihat halaman kosong seperti dibawah ini
4. Buat file baru untuk spanduk kamu, dari menu ...File - New
5. Buat ukuran spanduk kamu, misalnya : 1 x 2 meter, contoh seperti di bawah in...Ok..
6. Beri Baground atau dasar warna spanduk kamu..File - Place - Enter
7. Klik kanan pada layer Baground, pilih di Rasterize Layer biar bisa di edit
8. Buat Tex yang akan kamu masukkan...dari tool (T), contoh "BAKSO ANAK MEDAN
MANTAP" beri style teks kamu melalui bagian bawah layer yaitu yang icon "fx"...pilih
Blending Option
9. Ikuti ja style nya dengan memberi tanda centang atau klik pada stylenya dan masukkan
nilainya pada bagian sebelah kanan seperti gambar dibawah ini
10. Masukkan gambar Baksonya dari File - Place, jgn lupa di Rasterize Layer
11. Tambahkan shape atau bentuk untuk mempercantik sedikit ...di Rasterize Layer juga ya.
12. Tambahkan Teks diatas shape tersebut
13. Simpan kerjaan kamu (Ctrl + S) kasih nama mis SPANDUK BAKSO
untuk contoh file di atas download disini atau File - Save As (Shift+Ctrl+S) untuk format
JPEG atau TIFF
14. Biasanya percetakan menerima file jadinya dalam bentuk JPEG atau (JPG), TIFF
15. Kalo menyimpan dalam format JPG, Quality pilih 12 maximum lalu Ok.
16. Untuk TIFF juga bisa tapi kapasitasnya akan sangat besar jadi cocok untuk Brosur.
17. Untuk jaga-jaga coba bawa dua format penyimpanan yaitu file asli (psd) dan JPEG,
atau TIFF
18. Bawa ke tempat Digital Printing atau Percetakan
19. Selesai..
B. Belajar Mencetak Spanduk
1. Buanglah solven yanglama
2. Bersihkan print head dengan tisu
3. Buka keran tinta
4. Hidupkan komputer
5. Buka semua program
6. Hidupkan mesin digital printing
7. Copy data spanduk yang mau di cetak
8. Mesin digital printing siap bekerja
9. Periksa spanduk yang lagi dicetak
10. cleaning
11.pinising
3.3 PENERAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF DEGAN PRAKERIN
- Pembelajaran Produktif
Mata pelajaran produktif adalah pembelajaran kejuruan yang merupakan kemampuan khusus yang diberikan kepada siswa sesuai dengan program keahlian yang dipilihnya. Pembelajaran produktif diberikan di bengkel/instalasi masing-masing jurusan. Untuk mengefektifkan proses pembelajatan produktif, dilakukan secara sistem ganda (PSG: Pendidikan Sistem Ganda).
Pembelajaran sistem ganda adalah proses belajar yang dilakukan antara pihak sekolah dengan dunia usaha atau industri. Dengan menggunakan pembelajaran sistem ganda diharapkan dapat memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada di lingkungan dunia usaha/industri dan menerapkanya pada proses belajar mengajar di sekolah.
Penerapan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dilakukan dengan menggunakan sistem 1 – 2 – 3. Artinya, 1 jam untuk pembelajaran teori, 2 jam pelajaran praktik dan 3 jam praktik industri. Dengan demikian aktivitas praktik akan lebih dominan daripada pembelajaran teori. Tujuanya tentu saja diharapkan dapat meningkatkan kemampuan keterampilan dan kompetensi siswa pada keahlian tertentu agar dapat digunakan untuk bersaing di dunia usaha dan industri.
- Prakerin (Praktek Kerja Industri)
Prakerin adalah kegiatan magang di industri dalam waktu tertentu untuk memperoleh dan menerapkan konsep pembelajaran yang diterima di sekolah dan membandingkanya dengan yang ada di dunia usaha/industri. Kegiatan prakerin dilakukan selama kurang lebih 3 bulan pada institusi pasangan yang ditentukan oleh sekolah. Selama kegiatan prakerin siswa akan terus dimonitor oleh guru pembimbing dan pada akhir kegiatan prakerin siswa diharuskan membuat laporan kegiatan prakerin.
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
Saya mengambil beberapa kesimpulan yang diantaranya :
1. Dalam hal ini computer sangatlah penting dikarenakan system compute-risasi saat ini sangat membantu dalam proses produksi.
2. Disini kami dapat mengetahui macam-macam jenis pekerjaan yang belum diketahui sebelumnya.
3. Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah keterampilan saya dalam setiap praktek dan menerapkan teori-teori yang didapat secara langsung.
4. Praktek Kerja Industri ini dilaksanakan untuk menambah suatu gambaran dalam menjalani dunia kerja.
5. Praktek kerja Industri ini dapat memperluas dan menambah wawasan bagi saya dalam pendidikan di dunia kerja.
6. Mendapatkan pengetahuanlebih luas tentang dunia kerja yang sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
7. Mendapatkasn pengalaman baru dalam dunia kerja sehingga saya dapat mengantisipasi kendala yang akan dihadapi dalam dunia kerja yang sesungguhnya.
4.2 SARAN-SARAN
A. SARAN UNTUK PRUSAHAAN
1. Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan beberapa saran yang mungkin bermanfaat bagi perusahaan misalkan, seperti hubungan antar crew yang bertugas untuk lebih di pererat agar hasil produksi yang akan dihasilkan dapat lebih mempunyai nilai lebih, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.
2.Saya berharap cv. Raffless Indah Advertising bisa menambah cabang di Muratara.
B. SARAN UNTUK SMK N RAWAS ULU
1. Dari pihak sekolah hendak nya dapat bekerja sama dengan perusahaan supaya dapat mempermudah penerimaan siswa siswi yang ingin melaksanakan magang.
2. Saya berharap pihak sekolah dapat menyediakan buku panduan, baju praktek, dll disediakan sebelum berangkat magang
3. Buka jurusam multimedia
C. SARAN UNTUK SISWA SISWI SMK N RAWAS ULU
1. jangan main-main waktu belajar
2. Jangan lah sekali-kali melawan guru
D. SARAN UNTUK PANITIA PRAKERIN
1. Hendaknya guru pembimbing lebih sering memantau siswa siswi yang sedang melaksanakan prakerin.
Demikian kesimpulan dan saran-saran dari saya, dengan harapan CV. Raffless Indah Advertising dan SMK N RAWAS ULU semakin berkembang untuk di masa yang akan datang.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. Foto KERJA
CONTOH LAPORAN PRAKEIRN (ADM.PERKANTORAN)
4/
5
Oleh
Unknown