Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia Ms. Word 2007

Makalah Zafran - Download Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia Format Ms. Word - Hai sobat pena apa kabar semua yang pasti baik-baik aja yach. Oke Sobat pena seperti biasa kami akan berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan yang meliputi tugas-tugas sekolah atau kuliah. Seperti Kliping, Cerpen, Makalah atau laporan prakerin yang lagi kamu cari. Nach untuk kali ini sesuai permintaan saudara Mita asal Palembang yang sudah reques satu Makalah yang berhubungan dengan Sejarah awal mula Bahasa Indonesia. Dan syukur alhamdulillah kami sudah menemukan filenya dalam bentuk Microsoft Word 2007. Jadi dengan begini aobat pena semua khususnya Mbak Mita bisa edit ulang setelah mendownload filenya Kumpulan Makalah Zafran ini.

Kumpulan Makalah Zafran ini merupakan sebauh wadah atau tempat untuk kita semua berbagi ilmu pengatahuan dan wawasan. Karena kami membuka peluang buat kamu semua untuk ikut andil dalam mengisi blog ini dengan artikel bermanfaat yang meliputi tugas-tugas sekolah. Karena kami akan membagikan artikel atau karya tulis kamu yang kamu kirim ke kami, dan akan kami bagikan lagi kepada teman-temannya. Dengan begitu kita semua dapat berbagi ilmu pengetahuan secara bersama-sama.

Download Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia 

Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia Ms. Word 2007
Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia
Nach Sobat Pena buat kamu yang lagi cari bahan pembuatan makalah yang berhubungan dengan sejarah bahasa indonesia mungkin makalah yang kami bagikan ini sangat cocok. Akan tetapi Makalah yang kami bagikan ini merupakan kumpulan informasi yang juga kami dapatkan dari Google. Jadi Untuk lebih lengkap lagi kamu bisa cari info tambahan untuk makalah ini. Nach kamu bisa download Makalah ini dengan cara mengklik icon download yang sudah kami siapkan dibawah ini.

Contoh Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia Mengenau Pembahasan

Sobat pena sebagai review dibawah ini kami tampilkan sekilas isi dari makalah tentang sejarah bahasa indonesia ini. Jika kamu suka kamu langsung download aja makalah ini dengan mengklik icon dibawah review ini.

Review Makalah

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Bahasa Indonesia
Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Penggunaan istilah “bahasa Melayu” telah dilakukan pada masa sekitar 683-686 M, yaitu angka tahun yang tercantum pada beberapa prasasti berbahasa Melayu kuno dari Palembang dan Bangka. Prasasti-prasati ini ditulis dengan aksara Pallawa atas perintah raja Kerajaan Sriwijaya. Awal penamaan bahasa Indonesia sebagai jati diri bangsa bermula dariSumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Di sana, pada kongres Nasional Kedua di Jakarta diumumkanlah penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa untuk Negara Indonesia pasca-merdeka. Soekarno tidak memilih bahasanya sendiri, yaitu bahasa Jawa (yang sebenarnya juga bahasa mayoritas pada saat itu), namun beliau memilih bahasa Indonesia yang beliau dasarkan dari bahasa Melayu yang dituturkan di Riau.

Bahasa Melayu Riau dipilih sebagai bahasa persatuan negara Republik Indonesiaatas beberapa pertimbangan sebagai berikut :

  1. Jika bahasa Jawa digunakan, suku-suku bangsa atau golongan lain di Republik Indonesia akan merasa dijajah oleh suku Jawa yang merupakan golongan mayoritas di Republik Indonesia.
  2. Bahasa Jawa jauh lebih sukar dipelajari dibandingkan dengan bahasa Melayu Riau. Ada tingkatan bahasa halus, biasa, dan kasar yang digunakan untuk orang yang berbeda dari segi usia, derajat, ataupun pangkat.
  3. Bahasa Melayu Riau yang dipilih, dan bukan bahasa Melayu Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Maluku, Jakarta (Betawi), ataupun Kutai, dengan pertimbangan :
  4. Pertama, suku Melayu berasal dari Riau, Sultan Malaka yang terakhir pun lari ke Riau selepas Malaka direbut oleh Portugis. Kedua, sebagai lingua franca, bahasa Melayu Riau yang paling sedikit terkena pengaruh misalnya dari bahasa Tionghoa Hokkien, ataupun dari bahasa lainnya.
  5. Penggunaan bahasa Melayu bukan hanya terbatas di Republik Indonesia. Pada 1945, penggunaan bahasa Melayu selain Republik Indonesia yaitu Malaysia, Brunei, dan Singapura.


Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II 1954 di Medan, antara lain menyatakan bahwa bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai lingua franca (bahasa perhubungan). Bukan hanya di Kepulauan Nusantara, melainkan juga hampir di seluruh Asia Tenggara sejak abad ke VII. Bukti yang menyatakan itu adalah ditemukannya prasasti di Kedukan Bukit, berangka 683 M (Palembang), Talang Tuwo, berangka 684 M (Palembang), Kota Kapur, berangka 686 M (Bangka Barat), dan Karang Brahi, berangka 688 M (Jambi). Prasasti itu bertuliskan Pra-Nagari berbahasa Melayu Kuno. Bahasa melayu kuno tidak hanya digunakan pada zaman Sriwijaya, karena di Jawa Tengah juga ditemukan prasasti tahun 832 M dan di Bogor tahun 942 M yang menggunakan bahasa melayu kuno.

Bahasa Melayu menyebar kepelosok Nusantara bersamaan dengan menyebarnya agama Islam di wilayah Nusantara. Bahasa Melayu mudah diterima oleh masyarakat Nusantara sebagai bahasa perhubungan antarpulau, antarsuku, antarpedagang, antarbangsa, dan antarkerajaan karena tidak mengenal tingkat tutur. Bahasa Melayu yang dipakai di daerah di wilayah Nusantara dalam pertumbuhannya dipengaruhi oleh corak budaya daerah. Bahasa Melayu menyerap kosakata dari berbagai bahasa, terutama dari bahasa Sanskerta, Persia, Arab, dan bahasa-bahasa Eropa. Bahasa Melayu pun dalam perkembangannya muncul dalam berbagai variasi dan dialek. Perkembangan bahasa Melayu di wilayah Nusantara memengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa Indonesia.

Nach itulah Sekilas isi dari Makalah Tentang Sejarah bahasa Indonesia ini. Dan Untuk download selengkapnya kamu bisa klik icon download dibawah ini :



Untuk recues tugas sekolah yang belum ketemu kamu bisa tuliskan pada kolom komentar dibawah ini. Dan jangan lupa Kak Fran akan terus berbagi informasi mengenai Tugas-Tugas Sekolah Baik dari Tingka SD sampai dengan Sekolah Tinggi

Nach Sobat Pena Buat Kamu yang suka atau hobby dengan musik atau lagu-lagu terbaru dan terpopuler kamu bisa berkunjung di website kami Musik Zafran . Website yang membagikan info lagu mp3 terbaru dan terpopuler serta lirik dan biodata artinya penyanyinya.

Related Posts

Makalah Tentang Sejarah Bahasa Indonesia Ms. Word 2007
4/ 5
Oleh